dengan cepat ia menarik buku catatanku dan membolak balik lembar,..
“Saya perhatikan dari tadi kamu hanya menggambar saat saya memberi kuliah,.. kamu tidak mencatat??” sahutnya sembari membolak balik kertas
“itu catatan saya pak,.. saya tulis dengan metode mind map” sahut saya dengan terbata2
“apa ini tulisannya kecil2 dan acak2an seperti ini,.. ada gambar orang senyum2 lagi,. lihat tuh catatan temanmu dia sudah mencatat beberapa lembar dengan rapi” ucap sang dosen lagi sambil mengambil buku catatan teman di sebelah saya
Saya tak menjawab lagi,.. dan ia pun kembali memberi kuliah,.. sedangkan saya melanjutkan mencatat “tetap dengan menggunakan mind map
itu pengalaman saya ditegur dosen saat menulis dengan menggunakan mind map (saya lupa tepatnya kapan, yang jelas sekirtar 2-3 tahun yang lalu)
menulis dengan menggunakan metode mind map sebenarnya sudah saya terapin semenjak lulus dari bangku SMA,..
Saya memutuskan untuk mengubah metode menulis konfensional saya yang linear menjadi tulisan non-linear (mind map) ketika saya membaca buku genius learning atau apa gitu,. intinya tentang
- NLP (dah lupa apa itu kayaknya sih metode
Neouro linguistik program), - habis itu beberapa metode nulis seperti menulis dengan
- metode kolom
“kolom perasaan” dan - yang satu lagi yang aku pake sekarang yakni metode mind map
- metode kolom
sekarang aku pengen share tentang apa itu mind map, kegunaan dan keunggulan mind map, bagaimana cara menulis dengan menggunakan mind map dan beberapa tokoh yang metode menulisnya identik dengan ciri2 mind map.Mind map???…. aku juga g seberapa ngerti ngedefinisiinnya gimana, yang jelas menurut Michael Michalko yang saya ambil dari buku pintar mind map karangan Tony buzan
“Mind map adalah “alternatif pemikiran keseluruhan otak terhadap pemikiran linear. [mind map] menggapai kesegala arah dan menangkap berbagai pikiran dari segala sudut”
kalo menurut aku sih, ntah bener atau salah intinya mind map itu metode nulis non-linear yang menggunakan konsep pengembangan dari topik utama kesub-subtopik penjelas dan berbentuk seperti sel saraf,.. atau juga kalo kubilang metode mind map itu metode nulis secara bebasssss
menurut Buzan (2005) manfaat menulis dengan mind map, yaitu membantu kita untuk..
- merencana
- berkomunikasi
- menjadi lebih kreatif
- menghemat waktu
- menyelesaikan masalah
- memusatkan perhatian
- menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran
- mengingat dengan lebih baik
- belajar dengan lebih cepat dan efisien
- melihat “gambar keseluruhan”
- hemat kertas
kalo tertarik untuk menulis dengan menggunakan mind map berikut ini tahapannya
- mulai tulis dari tengah halaman (cz lebih bebas untuk menyebarkan tulisan/gagasan kesegala arah)
- hubungkan sub topik ke topik utama,.. (membuat asosiasi antara sub topik dengan topik) begitu juga dari penjelasan sub topik ke sub topik,.. jadi kalo dilihat bentuknya seperti cabang2 ranting
- gunakan kreatifitas anda,.. bisa dikasi gambar,.. kode2 tertentu yang mudah dipahami yang membuat anda lebih paham terhadap konsep tersebut,.. atau juga buat ful warna,.. pokoknya suka-suka anda deh
untuk lebih jelasnya “langsung praktekin aja” nanti aja terbiasa sendiri,.. atau untuk awal coba anda liat mindmap yang saya buat dengan softwere mind maple,.. atau klik disini,..
rada risih sih kalo pake softwere,.. n’ lebih enak kalo nulis dikertas karena lebih bebas,
tapi kalo liat catatan kuliah saya,.. fuiiih,……. saya jadi khawatir kalian pada gx mengerti dan pusing ngeliatnya, cz bener2 artristik [baca:acak2an], tulisannya juga kecil2 dan padet habis itu banyak gambar nangkring dimana2 lagi,..
hmmm
aku jadi penasaran metode nulis apa yang temen2 pake sehari2???
pustaka:
Buzan Tony. 2005. The Ultimate Book of Mind Maps. Susi Purwoko [alih bahasa]. buku pintar Mind Map. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Aku malah baru tahu tentang metode tulisan mind map ini lho, menarik juga ya 🙂
begitu ya mbak,..
hayuk dicoba mbak,.. 😀
Pantesan aja dosennya marah2, mungkin dia belum pernah menggunakan metode ini.
Mau nanya mas, perlu latihan khusus berapa hari untuk menguasai metode ini ?
hehehe
mungkin begitu bang,..itu dosen sedikit heran aja sama metode nulis kayak gini
kalo waktu belajaranya gx begitu lama kok bang,.. yang rada lama tuh mbiasain nulisnya bang,..
soalnya kadang2 kita kelupaan dan pake metode yg biasa lagi
Woke dah, metodenya sedikit sama dengan menghayal kn ?
hmmm,.. memang gitu ya bang..?
Wah, boleh juga nih saya coba…
Walau saya sudah tidak kuliah lagi, tp tulis menulis tetap saya lakukan…
Makasih share-nya.
Salam,
silahkan mencoba pak
sama-sama 😀
Mind map itu asyiikkk……, bikin ide memancar mancar
ahahaha,..
ia
mbak juga sering nulis pake mind map??
Iyahhh… Dibilang kaya anak TK, karena kemana mana bawa pensil warna.. Hhe
gx papa mbak,..
aku juga sering kok digituin hehehe
Alhamdulillah sudah sering kepake, sampe sekarang waktu kerja juga sering pake mind map
waaa
ternyata sudah banyak yg pake mind map ya 😀
ada pengalaman lucu gx bang pas nulis pake mind map,.. ???
seingatku sih belum ada yang lucu-lucu banget, cuma mungkin yang banyak malah bermanfaat
hmmm,…
gx ada yg heran2 gitu dengan tipe tulisan mind map
apa metode mind map udah umum ya di lingkungan abang
sebenarnya awal-awalnya pusing juga. semuanya mau dimasukkan ke mind map….
hahaha,..
bener tuh, jatohnya malah pusing sendiri
pengguna aktif mind map ya mas? mantap. 🙂
ia ilham,..
kamu pernah pakai?
Saya punya buku tentang mind map. Metode ini sangat membantu saat belajar dan bekerja.
bli sering pake??
lumayan, sekarang lagi pakai untuk penelitian. hehehehe
pernah punya cerita menarik pas pake mindmap?
contoh:
dimarahin dosen atau diketawain temen gitu gara2 catatannya rada keliatan aneh (g umum)
wah, ga pernah tuh, km kn emang berbeda. hehehehe
aissssh,..
saya ingat dengan mind map itu ketika dulu belajar di kampus psikologi, tp akhirnya hilang lagi dan kembali teringat saat belajar di manajemen, terus membaca tulisan ini jadi ingat lagi 🙂
dulu sering pakai?
Saya bekerja dilingkungan pendidikan mas, kalau muridnya memiliki metode mind map guru secara bertahap bisa mengerti apa yg dilakukannya tapi kalau mind map ini dimiliki seorang guru terus coba diajarkan gimana ya ? apa murid2nya bisa mengerti, hahaa … bisa dilatih kn metode ini, coba dulu ah
agaknya bisa si mas, silahkan dicoba mas
oia
saya kalo g salah pernah melihat beberapa buku panduan di murid yang disana ada gambaran kopetensi2 dasar tapi disusun bedasarkan mind map mereka nulisnya di sebelum masuk ke materi
dan itu sangat mbantu [menurutku],
kalo ngeliat dari itu mungkin guru bisa gunain cr yg sama, mungkin bisa kasi outline atau smacam pendahuluan biar murid paham gambaran besar ttg materi yang akan diajar sebelum bener2 masuk ke topik secara mendalam.
atau mungkin bisa dijadiin kesimpulan, atau bisa juga dijadiin bahan awal buat siswa (semacem slide yg dikasi sehari sebelum belajar—> buat dipelajarin di rumah dulu)